Jumat, 14 Desember 2012
06.08 |
Diposting oleh
Pitri Anggelina |
Edit Entri
Beberapa
jenis aktivitas dan permainan yang dapat membantu anak dalam menanggulangi
trauma :
Usia di bawah 6 tahun :
ü
Menggambar bebas dan mendorong anak menceritakan
apa yang digambarkannya.
ü
Menceritakan pengalamannya.
ü
Mewarnai gambar berkaitan dengan bencana.
ü
Membacakan buku-buku bergambar yang berhubungan
dengan bencana (sesuai dengan umur anak).
ü
Sediakan jenis permainan yang ada kaitannya
dengan bencana alam.
ü
Boneka, miniature, truk, rumah, orang, binatang,
tentara, dsb. Lilin ( play dough ), pasir (sand box), bermain game yang
menyenangkan, bernyanyi.
Usia 6-12 tahun :
ü
Mengambar bebas
ü
Menceritakan pengalamannya
ü
Membacakan buku tentang bencana dan kehilangan
anggota keluarga.
ü
Buat permainan tentang tsunami (misalnya
modifikasikan permainan London bridge atau ular naga, dsb)
ü
Sediakan permainan yang ada kaitannya dengan
bencana alam.
ü
Boneka, miniature, truk, rumah, orang, binatang,
tentara, dsb. Buat sandiwarana kecil tentang bencana, bermain game yang
menyenangkan, bernyanyi.
Usia 12-17 tahun :
ü
Menulis/ mengarang tentang kisahnya.
ü
Membaca buku-buku tentang bencana dan kehilangan
anggota keluarga (pengalaman sukses anak-anak yatim, misalnya bagaimana
rasululloh telah menjadi yatim-piatu sejak kecil)
ü
Membuat drama tentang bencana alam.
ü
Pelajaran IPA yang dikaitkan dengan jenis-jenis
bencana alam.
ü
Kaitkan pelajaran IPS dengan bencana (empati,
pertolongan, sumbangan, penyalamatan diri, dst)
ü
Kaitkan pelajaran agama dengan bencana (sabar,
tawakal,takdir)
Sumber : Megawangi Ratna, dkk. Membantu Anak Pulih Dari Trauma
Bencana. Jakarta : republika
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
About Me
- Pitri Anggelina
Diberdayakan oleh Blogger.
Translate
Blogroll
About
Entri Populer
-
UJIAN AKHIR SEMESTER “LAPORAN STIMUlASI PENGEMBANGAN BAHASA ” Oleh : Pitri Anggelina 1105814 RM 2011 Dosen pembimbing ...
-
PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR DAN PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN A. Pengertian Sumber Belajar Istilah sumber belajar dalam bidang pend...
-
MAKALAH PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR UNTUK ANAK USIA DINI “Teknik Menggunakan Lingkungan sebagai Sumber Belajar” Dosen Pembimbing...
-
LAPORAN HASIL OBSERVASI “APLIKASI PENGEMBANGAN KOGNITIF PADA TIAP-TIAP SENTRA” Disusun oleh : Pitri Anggelina 1105814 ...
-
RESUME “MAKANAN JAJANAN” Oleh : Pitri Anggelina 1105814 RM 2011 Dosen pembimbing : Dra.Rivda Yetti.MPd Pendidik...
-
SOSIOLOGI PENDIDIKAN “STRUKTUR SOSIAL” Disusun Oleh Kelompok 4: Pitri Anggelina/1105814 Risya Fimala/110572 Irma Yanti/1105...
-
METODOLOGI PERENCANAAN, PENGGUNAAN, PENETAPAN DAN PEMILIHAN ALAT PERMAINAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR Metodologi berasal dari bahasa Yuna...
-
Makalah Gizi dan kesehatan anak “Indoor Safety” Kelompok 3: Pitri Anggelina Putri Yanti Sugianti ...
-
RESUME “MAKANAN JAJANAN” Oleh : Pitri Anggelina 1105814 RM 2011 Dosen pembimbing : Dra.Rivda Yetti.MPd Pendidi...
Blog archive
-
▼
2012
(15)
-
▼
Desember
(11)
- PRINSIP PERKEMBANGAN
- adik yang lupa mengucap salam
- MEDIA PEMBELAJARAN AUD
- ALAT PERMAINAN PEABODY
- coretan tinta hitam
- kertas putih
- Artikel Tentang Jarangnya lagu anak-anak dinyanyikan
- Kemampuan Refleks Pada Anak
- ALASAN MENGAPA TUBUH MEMBUTUHKAN AIR
- aktivitas yang membantu anak pulih dari trauma kar...
- Dalam diam ku Dalam diamku kuhanya menyebut nam...
-
▼
Desember
(11)
0 komentar:
Posting Komentar