Senin, 03 Juni 2013
21.00 |
Diposting oleh
Pitri Anggelina |
Edit Entri
UJIAN AKHIR SEMESTER
“LAPORAN STIMUlASI
PENGEMBANGAN BAHASA”
Oleh :
Pitri Anggelina
1105814
RM 2011
Dosen pembimbing :
Dra.Rivda Yetti.MPd
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Padang
2013
RANCANGAN KEGIATAN
HARIAN
Kelompok : A
Semester/minggu : I/ I
Tema/sub
tema : Binatang/Serangga
Hari,
Tanggal : Senin, 3 juni 2013
Waktu : 07.30 –
10.15
Indikator
|
Kegiatan pembelajaran
|
Alat/ sumber belajar
|
Penilaian perkembangan anak
|
|
Alat
|
Hasil
|
|||
-
Melaksanakan
tata tertib sekolah
|
Upacara bendera ± 15
menit
I. KEGIATAN
AWAL ± 30 MENIT
|
Bendera, tiang
bendera, peraga langsung.
|
Observasi
|
|
-
Membiasakan
diri mengucapkan salam (NAM)
-
Bedoa
sebelum dan sesudah nelaksanakan kegiatan sesuai dengan keyakinannya (NAM)
-
Menjawab
pertanyaan tentang keterangan/informasi (B)
-
Menirukan
berbagai gerakan tanaman (F)
|
·
Salam, doa,
bernyanyi bersama.
·
Membaca ayat
pendek dan doa-doa pendek.
·
Tanya jawab
tentang berbagai macam serangga.
·
Pemberian
tugas menirukan gerakan kumbang.
|
Peraga Langsung
Guru dan Anak
Peraga langsung
|
Observasi
Observasi
Unjuk kerja
|
|
|
II. KEGIATAN INTI
± 60 MENIT
|
|
|
|
-
Menjawab pertanyaan tentang cerita pendek (3
kalimat) yang sudah diceritakan guru (K).
-
Membuat
gambar dengan teknik kolase dengan memakai berbagai media (ketas, daun, ampas
kelapa, kain perca dll.). (F)
|
·
Mampu menjawab pertanyaaan yang diberikan
guru tentang cerita “semut yang baik hati” .
·
Anak membuat
gambar semut
|
·
Buku cerita
.
|
Observasi
Hasil karya
|
|
|
III. ISTIRAHAT/MAKAN
± 30 MENIT.
·
Mencuci
tangan dan berdoa sebelum dan sesudah makan.
·
Bermain
|
Air, serbet, tempat
cuci tangan, bekal anak, alat bermain anak
|
Observasi
Observasi
|
|
|
IV. KEGIATAN AKHIR ±
30 MENIT
|
|
|
|
-
Bertepuk
tangan dengan 2 pola (S)
-
Bedoa
sebelum dan sesudah nelaksanakan kegiatan sesuai dengan keyakinannya (NAM)
-
Menyanyi (P)
|
·
Diskusi
tentang kegiatan satu hari.
·
Membaca
doa-doa pendek.
·
Menyanyi
lagu
·
Doa pulang
dan salam
|
Tangan (peraga langsung)
|
Unjuk kerja
Observasi
|
|
Padang, Juni 2013
Mengetahui
Kepala
TK, Guru kelas,
Dr. Agustina Maida, M.Pd Dr.Pitri
Anggelina, M.Pd
SKENARIO
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Sesuai dengan Rencana Kegiatan Harian yang
telah dibuat, berikut skenario pembelajaran:
1.
Tema :
Binatang
2.
Metode yang di gunakan (method) :
·
Bercerita
·
Tanya jawab
3.
Media yang di gunakan (Media) : Buku cerita bergambar
4.
Tujuan pengembangan :
·
Mengembangkan bidang bahasa anak
5.
Kemampuan yang ingin di capai untuk anak :
·
Anak mampu mengenal serangga
·
Anak mengetahui perilaku yang baik dan jahat
·
Anak mampu menjawab petanyaan dengan baik
·
Melatih konsentrasi anak dalam mendengarkan
·
Melatih daya ingat anak
6.
Langkah-langkah pelaksanaan :
·
Sebelum anak masuk kelas, anak bermain-main di
luar kelas
·
Lalu guru membunyikan kerincingan pertanda
berbaris di halaman, upacara bendera
I.
Kegiatan
awal ± 30 menit
1.
Anak masuk kelas dengan tertib
2.
Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar
anak
3.
Guru meminta anak melihat siapa temannya yang
tidak hadir (mengabsen anak)
4.
Guru bersama anak membaca ikrar
Ikrar:
Bismillahirrahmanirrahim
Asyhaduallaailahaillallah
Waasyhaduannamuhammadarrasulullah
(Artinya) => Dengan nama Allah Yang
Maha Pengasih Maha Penyayang
Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain
Allah, dan Nabi Muhammad itu rasul
utusan Allah.
Radhitu
billahi rabba Wabil islami dinna Wabimuhammadin Nabiyya warasula. Rabbi zidni
ilma warzuqni fahma.
(Artinya)
=> Aku rela berTuhan Allah, islam agamaku, dan Nabi Muhammad rasul ku. Ya
Allah, Tambahilah ilmuku dan pertinggilah derajatku.
5.
Guru mengajak anak berdoa sebelum melakukan
kegiatan (salah satu anak memimpin doa)
Do’a sebelum belajar:
Bismillahirrahmanirrahim
Rabbi syrahli shadri wayasirli amri wahlul ukhdatam millisani
yafkahullqauli
(Artinya) => Dengan nama
Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang.
Ya Allah, Lapangkanlah dadaku, mudahkanlah bagiku urusanku,
lepaskanlah ikatan dari lidahku agar mereka mengerti dengan ucapanku.
6.
Bersama-sama membaca surat pendek
surat
al-ikhlas
surat
annas
7.
Guru mengadakan apersepsi (menjangkau
pengetahuan anak)
8.
Guru dan anak bercakap-cakap seputar serangga
9.
Agar anak semangat memulai kegiatan guru
mengajak anak bernyanyi “semut”
Semut-Semut
Kecil
Semut semut kecil saya mau tanya
Apakah kamu di dalam tanah tidak takut cacing
Semut semut kecil saya mau tanya
Apakah kamu di dalam tanah punya mama papa
Oe oe itu katamu, oe oe itu jawabmu
II.
Kegiatan
inti ± 60 menit
1. Guru
menunjukkan gambar yang telah disediakan dan meminta anak untuk menyebutkan
nama gambar apa itu kemudian guru memberi pertanyaan seputar gambar
2. Guru
menjelaskan tentang serangga
3. Guru meminta partisipasi anak untuk menceritakan serangga yang
pernah ia ditemukan dirumah, disekolah atau dimana saja.
4. Kegiatan selanjutnya yaitu guru bersama anak mengajak anak unduk
mendengarkan cerita tentang “semut yang baik hati
Langkah-langkahnya:
·
Guru menyiapkan
alat peraga yang diperlukan (buku cerita bergamabar).
·
Guru mengatur
posisi tempat duduk anak sesuai yang direncanakan.
·
Guru menarik
perhatian anak agar mendengarkan cerita.
·
Guru bercerita
dengan memperlihatkan alat peraga satu persatu sesuai dengan bagian yang diceritakan.
·
Guru memberi
pertanyaan tentang isi cerita pendek tersebut satu persatu (bertahap) kepada
anak secara bergantian, misalnya : sedang apakah kumbang dan lalat.
·
Anak menjawab
pertanyaan guru satu persatu kalimat pertanyaan sampai dengan 3 (tiga) pertanyaa.
Setiap pertanyaan merupakan satu kalimat.
·
Bagi anak yang
sudah dapat menjawab pertanyaan diberikan pujian dan bagi anak yang belum
menjawab berikan motivasi.
Contoh Cerita :
“Semut Yang Baik Hati”
Di
sebatang pohon, kumbang bertemu dengan seekor lalat. “hai lalat, ayo kita
bersama-sama membantu semut mencari makan,” kata kumbang.
“tidak
mau! Aku juga mau mencari makan sendiri kebetulan dirumah wati ada sisa
makanan,”jawab lalat. (sampai disini guru memperlihatkan gambar seekor kumbang
dan lalat yang sedang hinggap di batang pohon).
Guru
berkata, “caba lihat anak-anak gambar binatang apakah ini? Apa warna bulunya?
Setelah
itu guru melanjutkan ceritanya.
Anak-anak,
kemudian kumbang berkata, “ah aku juga sedang repot, karena nanti sore aku akan
menghisap madu kesukaanku pada bunga matahari.
“biarkan
saja! Semut itu kan banyak temanya. Mengapa tidak minta tolong sama temannya
itu, “ jawab lalat.
“ayolah....!
semut masih sakit kakinya karena terjepit jendela rumah pak somat.”
“kasihan,
semut nanti bisa mati kelaparan. Kalu kau memang tidak mau menolong, ya sudah!”
jawab kumbang.
Sambil
bererita guru memperlihatkan gambar semut yang sedang terjepit kakinya.
Coba
anak-anak, bagaimana keadaan semut? Apakah makanan semut?
Kumbang
kemudian terbang menuju sarang dimana semut berada.
Setelah
sampai, kumbang menghampiri semut yang sedang merintih kesakitn.
“mana
kakimu yang sakit, biar ku obati? Kata kumbang.
“kau harus
istirahat supaya lekas sembuh. Biar aku yang mencari makan. Tunggulah sebentar
kau disini saja”.
“sekarang
aku akan berangkat dulu”, kata kumbang.
(sampai
disini guru memperlihatkan gambar semut yang sedang kesakitan dan kumbang
sedang mengobati kaki semut).
Guru
memberikan penjelasan, “lihatlah anak-anak binatang pun bisa tolong menolong
dengan temannya”.
Setelah
itu kumbang sibuk mencari makanan untuk semut. Tak lama kemudian lalat sedang
mencari makan ditempat sampah dibelakang rumah wati.
Setelah
kenyang mala lalat terbang menuju ke tempat penjual kue, untuk mencari makan
lagi walaupun perutnya kenyang karena serakah.
(kemudian
guru memperlihatkan gambar sampah yang dihinggapi lalat). Guru memberi
penjelasan: nah lihat anak-anak ada lalat yang sedang mencari makan di temapat
sampah.
Karena
penjual kue oranya bersih, maka kue tersebut dileakkan di almari kaca dan
ditutup dengan plastik, maka lalat tidak bisa masuk.
Karena
lalat itu bandel, tetap saja berterbangan disekitar almari penjual kue.
Melihat
lalat berterbangan, penjual kue kesal, maka diambilkannya pemukul. Lalat
diusirnya sampai kea. Akhirnya lalat kesakitan danterbang dengan lemahnya.
Di jalan
lalat bertemu dengan semut. Semut melihat lalat sedang kesakitan, maka
ditolonglah lalat itu dengan rasa senang walaupun dulu lalat tidak mau
menolongnya.
Setelah
sembuh lalat berterimakasih kepada semut dan menyesali atas perbuatan yang
telah dilakukannya dan ia minta maaf. Lalat berjanji tidak akan mengulannginya
lagi.
Akhirnya
mereka berteman dan hidup saling tolong menolong (disini guru memperlihatkan
gambar lalat yang sedang minta maaf kepada semut).
III.
Istirahat
± 30 menit
1.
Anak mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
2.
Anak berdoa sebelum dan sesudah makan
3.
Anak makan bersama
4.
Anak bermain di luar maupun di dalam dengan
tertib.
IV.
Kegiatan
akhir ± 30 menit
1.
Tepuk tangan dengan dua pola
2.
Menyanyikan lagu anak-anak:
Kupu-kupu
yang lucu
Kupu-kupu yang lucu
Kemana engkau terbang
Hilir-mudik mencari
Bunga-bunga yang kembang
Berayun-ayun
Pada tangkai yang lemah
Tidakkah sayapmu
Merasa lelah
Kupu-kupu yang elok
Bolehkah saya serta
Mencium bunga-bunga
Yang semerbak baunya
Sambil bersenda-senda
Semua kuhampiri
Bolehkah kuturut
Kemana engkau terbang
Hilir-mudik mencari
Bunga-bunga yang kembang
Berayun-ayun
Pada tangkai yang lemah
Tidakkah sayapmu
Merasa lelah
Kupu-kupu yang elok
Bolehkah saya serta
Mencium bunga-bunga
Yang semerbak baunya
Sambil bersenda-senda
Semua kuhampiri
Bolehkah kuturut
Di Sini Senang- Di Sana Senang
Di sini senang,
disana senang
dimana-mana hati
ku senang
Di rumah senang,
di sana senang
dimana-mana hati
ku senang..
Tangan
dilambai-lambai,
pinggul di
goyang-goyang
Kaki di
hentak-hentak putar badan.. 2x”
3.
Diskusi tentang kegiatan satu hari
4.
Membimbing anak
untuk berdo’a bersama.
5.
Anak dipulangkan
dengan tertib.
KETERAMPILAN
YANG DIGUNAKAN DALAM MENGAJAR:
Keterampilan membuka pelajaran
-
Guru menarik perhatian anak dengan menunjukkan
gambar-gambar seputar api.
-
Guru memberi motivasi kepada anak dalam
belajar
-
Guru memberikan acuan tentang tujuan kegiatan
-
Pada kegiatan awal guru membuat kaitan atau
hubungan antara materi-materi yang akan dipelajari anak dengan pengetahuan yang
telah ada (apersepsi)
Keterampilan
menjelaskan
-
Guru merencanakan kemudian menyajikan materi
pembelajaran
-
Guru menjelaskan/ memberi keterangan seputar
api
-
Memberikan tekanan ( memusatkan perhatian anak
terhadap materi)
Keterampilan
menutup pelajaran
-
Guru merangkum inti pokok pelajaran
-
Meminta kepada anak menyebutkan apa yang telah
dipelajari/evaluasi
-
Memberikan tindak lanjut berupa saran-saran
serta ajakan
MANFAAT
DARI KEGIATAN SATU HARI
1.
Mengembangkan aspek seni anak dengan bernyanyi
lagu sederhana
2.
Manfaat kegiatan bercerita:
a.
Kegiatan bercerita memberikan pengalaman
belajar untuk berlatih mendengarkan. Melalui mendengarkan anak memperoleh
bermacam-macam informasi tentang pengetahuan, nilai, sikap untuk dihayati dan
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
b.
Dapat mengembangkan kemampuan kognitif,
afektif, maupun psikomotor masing-masing anak. Bila anak terlatih untuk
mendengarkan dengan baik, maka ia akan terlatih untuk menjadi pendengar yang
kreatif dan kritis. Pendengar yang kreatif mampu melakukan pemikiran-pemikiran
baru berdasarkan apa yang didengarnya. Pendengar yang kritis mampu menemukan
ketidaksesuaian antara apa yang di dengar dengan apa yang dipahami. Bila
menurur anggpannya yang di dengar itu salah ia berani menyatakan adanya
kesalahan tersebut.
3.
Menanamkan nilai-nilai moral anak dengan
mengambil contoh baik dalam cerita
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
About Me
- Pitri Anggelina
Diberdayakan oleh Blogger.
Translate
Blogroll
About
Entri Populer
-
UJIAN AKHIR SEMESTER “LAPORAN STIMUlASI PENGEMBANGAN BAHASA ” Oleh : Pitri Anggelina 1105814 RM 2011 Dosen pembimbing ...
-
PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR DAN PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN A. Pengertian Sumber Belajar Istilah sumber belajar dalam bidang pend...
-
MAKALAH PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR UNTUK ANAK USIA DINI “Teknik Menggunakan Lingkungan sebagai Sumber Belajar” Dosen Pembimbing...
-
LAPORAN HASIL OBSERVASI “APLIKASI PENGEMBANGAN KOGNITIF PADA TIAP-TIAP SENTRA” Disusun oleh : Pitri Anggelina 1105814 ...
-
RESUME “MAKANAN JAJANAN” Oleh : Pitri Anggelina 1105814 RM 2011 Dosen pembimbing : Dra.Rivda Yetti.MPd Pendidik...
-
SOSIOLOGI PENDIDIKAN “STRUKTUR SOSIAL” Disusun Oleh Kelompok 4: Pitri Anggelina/1105814 Risya Fimala/110572 Irma Yanti/1105...
-
METODOLOGI PERENCANAAN, PENGGUNAAN, PENETAPAN DAN PEMILIHAN ALAT PERMAINAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR Metodologi berasal dari bahasa Yuna...
-
Makalah Gizi dan kesehatan anak “Indoor Safety” Kelompok 3: Pitri Anggelina Putri Yanti Sugianti ...
-
RESUME “MAKANAN JAJANAN” Oleh : Pitri Anggelina 1105814 RM 2011 Dosen pembimbing : Dra.Rivda Yetti.MPd Pendidi...
1 komentar:
good.......................
Posting Komentar